Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Masyarakat Di Sekitar Bendungan

Partisipasi Bendungan Pada Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kelompok Masyarakat / Masyarakat Sekitar Bendungan


Pada proses perubahan dalam masyarakat di era globalisasi ini, masyarakat dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat dalam segala bidang terutama bidang ekonomi kerakyatan. Perubahan yang begitu cepat akan mempengaruhi pola pikir dan semua aktivitas masyarakat. Dalam rangka mempersiapkan kondisi tersebut perlu diupayakan  dapat mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Pengembangan poteni ekonomi kerakyatan dengan masyarakat sebagai pelaku utamanya akan meningkatkan kualitas hidup serta menumbuhkan kepercayaan diri dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat.

Pemberdayaan kelompok masyarakat/masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar bendungan diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup dimana masyarakat tersebut yang secara tidak langsung mendapatkan manfaat dari adanya pembangunan bendungan. Dengan adanya pemberdayaan perekonomian kelompok masyarakat/masyarakat di sekitar bendungan, diharapkan  masyarakat ikut serta berperan dalam menjaga dan memelihara bendungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemberdayaan ekonomi kelompok masyarakat/masyarakat ini dalam kegiatannya melibatkan partisipasi aktif dari kelompok masyarakat / masyarakat dan memanfaatkan aset waduk yang berupa air, lahan, serta sumber daya alam lainnya yang mungkin dapat dioptimalkan untuk kepentingan ekonomi kelompok masyarakat/masyarakat. Dengan pemberdayaan ekonomi kelompok masyarakat/masyarakat yang memanfaatkan aset bendunga ( Berdasarkan peraturan yang berlaku ), diharapkan dapat membangun masyarakat untuk merasa memiliki, menjaga dan memelihara bendungan serta prasarana lainnya.

Kelompok masyarakat / Masyarakat dilibatkan secara aktif dalam proses pemberdayaan ekonomi ini mulai dari awal hingga terbentuknya jenis usaha yang telah disepakati. Dengan demikian masyarakat akan merasa memiliki dan ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan usaha tersebut. Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan haruslah bersifat sederhana, tidak rumit, dikelola secara transparan, diatur dan dimonitor oleh masyarakat itu sendiri. Jenis kegiatan ini harus dipertimbangkan kondisi sosial dan budaya setempat agar dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Selain itu harus dipertimbangan dampak terhadap lingkungannya agar kondisi di sekitar bendungan  tetap terjaga. Proses pemberdayaan masyarakat ini harus dilakukan secara bertahap agar masyarakat tidak merasa terpaksa sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Dengan demikian masyarakat akan merasa memiliki dan berusaha untuk mempertahankan jenis usaha tersebut. Tujuan utama dari pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar bendungan ini adalah untuk melatih masyarakat berwirausaha untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan segenap kemampuan yang ada dan memelihara kelestarian bendungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar