Early Warning System ( Peringatan dini ) Bendungan ( 2 )

Batutegi FM.107.7 Mhz
Early Warning System ( Peringatan dini ) Bendungan Dengan Menggunakan Radio Komunitas. ( 2 )
Didalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kondisi bendungan diperlukan kegiatan khusus, sehingga banyak makan waktu dan biaya.

Menindak lanjuti kondisi diatas, Pada Bendungan batutegi  Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung diterapkan konsep penyampaian informasi kondisi bendungan melalui radio komunitas ( Batutegi FM. 107.7 Mhz ) . Informasi yang disampaikan berupa kondisi visual pada daerah kondisi sekitar bendungan ( Cuaca, outflow, kegiatan pada bendungan dan lain - lain ).


Pemanfaatan radio komunitas ini memotong mata rantai birokrasi sehingga masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat tentang kondisi bendungan.  Radio Komunitas ini mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga dapat meminimalisasi korban.

Diharapkan kedepan dapat dirumuskan secara detail dan terperinci tentang konsep early warning system (EWS) dengan menggunakan Radio Komunitas. Karena system ini menggunakan dana relatif lebih murah dan masyarakat penerima dampak dapat lebih cepat menerima informasi. 

sekian.

Nb.
Salam untuk para jafung, ditunggu pemikirannya dalam menerapkan dan  mengoptimalkan konsep ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar